Sakura Regency J5-8A

Jati Asih, Bekasi 17423

Have Any Question

(+021) 824 073 09

Send Your Mail

info@garudamart.com

MENGUBAH UNSAFE ACT DI AREA KERJA

Seringkali, di tempat kerja, seorang Safety Officer mendapatkan banyak perilaku tidak aman / unsafe act yang dilakukan oleh pekerja dan mengalami kesulitan dalam mengubah unsafe act yang ada. Terkadang hal ini dapat diselesaikan saat Safety Officer menegur pekerja tersebut. Namun apa yang terjadi? Kejadian tersebut kembali berulang dan dilakukan oleh pekerja yang sama. Terkadang seorang Safety Officer akan membuat kesimpulan yang terburu-buru, “lingkungan kerja disini tidak memiliki budaya keselamatan“.  Sebagai Safety Officer yang baik, seharusnya memiliki cara-cara untuk mengubah unsafe act agar terhindar dari pemikiran seperti itu.

Berikut ini adalah 10 Cara Mengubah Unsafe Act yang dapat dilakukan di tempat kerja:

  • Berikan penanda/signage, poster atau alat bantu visual lainnya

Berikan penjelasan, bahwa keselamatan adalah yang utama dan menjadi sebuah prioritas. Buat dalam sebuah penanda atau poster dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh seluruh pekerja. Jangan lupa untuk melakukan perputaran/rolling dalam penempatan penanda / poster yang anda buat agar tidak terlihat membosankan bagi pekerja.

  • Gunakan Cheklist

Hal ini dapat digunakan sebagai alat pemeriksa keselamatan yang reguler. Checklist dapat dilakukan harian, mingguan atau bulanan. Mengisi checklist tidak membutuhkan waktu yang sangat banyak namun dapat membantu mengurangi angka kecelakaan.

  • Lakukan training tentang Keselamatan Kerja

Di beberapa perusahaan, terdapat beberapa training yang rutin ataupun wajib dilakukan secara reguler. Kita dapat menambahkan aspek keselamatan dalam training ini. Misalkan, kita bisa koordinasi dengan tim HRD ketika ada training orientasi pekerja baru, tim HRD memasukkan aspek keselamatan di dalamnya.

  • Dorong pekerja atau karyawan agar mau memberikan saran keselamatan

Saran keselamatan dapat berpengaruh signifikan terhadap catatan kejadian kecelakaan kerja, karena mampu meningkatkan partisipasi aktif seluruh pekerja.

  • Mengadakan Kuis tentang Keselamatan

Kuis keselamatan dapat berupa tanya-jawab tentang keselamatan yang melibatkan pekerja. Dengan kuis ini, kita dapat membuat pekerja aktif mencari tahu informasi mengenai keselamatan.

  • Ubah cara penyampaian Informasi Keselamatan

Anda mengetahui pekerja anda dengan baik. Dengan begitu, anda dapat memilih cara penyampaian informasi keselamatan yang tepat agar pekerja dapat menerima informasi ini dengan mudah. Contoh mudah dengan menggunakan social media anda dapat memberikan safety quotes kepada pekerja anda.

  • Bagikan tips keselamatan

Lakukan safety meeting atau patrol keselamatan agar anda dapat memberikan tips keselamatan kepada pekerja anda. Tetapi selalu ingat, bahwa anda memberikan tips keselamatan karena anda peduli terhadap kesehatan, keselamatan pekerja. Jangan berusaha untuk “menangkap” pekerja yang melakukan kesalahan.

  • Sertakan Pekerja atau Karyawan dalam presentasi tentang keselamatan

Jika anda telah memiliki training keselamatan reguler, sesekali sertakan pekerja untuk melakukan presentasi. Hal ini selain dapat menghilangkan kejenuhan pekerja terhadap suara anda namun juga dapat memberi dorongan pekerja agar mampu memahami materi presentasi keselamatan.

Beberapa cara mengubah unsafe act tersebut sangat mungkin untuk dilakukan karena tidak terlalu rumit. Semoga dapat membantu anda dalam mengubah unsafe act di tempat kerja.

Leave Us A Message

For more info or inquiry about our products, project and pricing please feel free to get in touch with us

Head Office

Sakura Regency Blok J5-8A, Jatiasih, Bekasi 17423 - Indonesia

Branch Office

Komplek Borneo Paradiso, Ruko Maple Blok C-7 Balikpapan, East Kalimantan 76116 - Indonesia

Site Support

Jl. Kiemas No.99, Lingkungan Mandala Tanjung Enim RT 07/02, South Sumatera

Absen Toolbox

Meeting

Setiap karyawan WAJIB mengisi form dibawah ini untuk melakukan Absensi setiap habis pembacaan Materi Safety Topic.