Sakura Regency J5-8A

Jati Asih, Bekasi 17423

Have Any Question

(+021) 824 073 09

Send Your Mail

info@garudamart.com

ABC DALAM KESELAMATAN

Model ABC atas perubahan perilaku merupakan gabungan dari 3 (tiga) elemen, yaitu antecedents, behaviour dan consequences (ABC), Menurut para pendukung model tersebut, perilaku sebetulnya dapat diubah dengan melalui 2 (dua) cara, yaitu berdasarkan apa yang mempengaruhi perilaku sebelum terjadi (ex-ante) dan apa yang mempengaruhi perilaku setelah terjadi (ex-post). Ketika kita mencoba mempengaruhi perilaku sebelum perilaku itu terbentuk berarti kita telah menggunakan antecedents.

Sementara itu, ketika kita berusaha mempengaruhi perilaku dengan melakukan sesuatu setelah perilaku itu terbentuk berarti kita menggunakan consequences. Jadi sebuah antecedents mendorong terbentuknya perilaku yang selanjutnya akan diikuti oleh sebuah consequences. Pemahaman terhadap ketiga elemen ini berinteraksi sangat bermanfaat bagi para manajer untuk menganalisis permasalahan kinerja, menentukan ukuran-ukuran korektif, dan mendesain lingkungan kerja dan sistem manajemen yang mempunyai kinerja tinggi.

Keselamatan adalah lebih dari pada sekedar mengikuti aturan-aturan perusahaan anda selama bekerja. Keselamatan adalah sesungguhnya suatu gabungan dari sikap aman, perilaku dan pengendalian secara aman baik didalam maupun di luar kerja.

Sikap berarti kerangka berpikir anda – jalan dimana anda menghadapi suatu situasi yang ada. Perilaku berarti apa yang anda lakukan tentangnya – bagaimana anda bereaksi terhadap suatu situasi.

Pengendalian mengacu pada penciptaan lingkungan anda – dimana anda melaksanakannya apa yang anda lakukan – agar aman. Sikap aman, perilaku, dan pengendalian secara aman meningkatkan anda menjadi lebih aman, dan lebih produktif.

Sikap (Antecedent)

Berbicara tentang keselamatan, sikap adalah satu dari dasar-dasar tersangat penting. Sikap aman berarti tetap waspada dan terpusat pada pekerjaan yang dilakukan, berpegang teguh pada petunjuk keselamatan, jangan sekali-kali tidak bersungguh-sungguh dengan pekerjaan, dan menahan emosi seperti amarah dan putus asa dalam melakukan pekerjaan.

Perilaku (Behaviour)

Bagaimana anda bereaksi terhadap situasi, merupakan bagian penting dari keadaan aman. Mengikuti tuntunan dan tata cara keselamatan, menolak melakukan “jalan pintas”, menggunaan alat pelindung diri, mengajukan pertanyaan-pertanyaan bila anda membutuhkan informasi lebih jauh tentang tugas yang dihadapi – semua ini adalah perilaku aman. Perilaku aman juga berarti menolong teman-teman, teman sekerja, dan anggota keluarga memahami pentingnya tindakan pengamanan di tempat kerja maupun dirumah.

Pengendalian (Consequences)

Pengendalian berarti memikul tanggung jawab untuk menciptakan tempat kerja menjadi suatu tempat yang aman. Anda dapat membantu menjadikan lingkungan anda terhindar dari gangguan-gangguan potensial dengan menjaganya agar bersih dan tertib.

Sikap, perilaku dan pengendalian adalah tiga aspek terpenting. keselamatan pribadi baik didalam kerja maupun diluar kerja. Gunakan kesempatan untuk mengkaji ulang ABC keselamatan anda untuk melihat apakah anda melakukan segala sesuatu yang anda dapat lakukan untuk melindungi diri sendiri, teman sekerja anda, dan mereka yang anda sayangi agar terhindar dari cidera akibat kerja maupun diluar kerja.

Leave Us A Message

For more info or inquiry about our products, project and pricing please feel free to get in touch with us

Head Office

Sakura Regency Blok J5-8A, Jatiasih, Bekasi 17423 - Indonesia

Branch Office

Komplek Borneo Paradiso, Ruko Maple Blok C-7 Balikpapan, East Kalimantan 76116 - Indonesia

Site Support

Jl. Kiemas No.99, Lingkungan Mandala Tanjung Enim RT 07/02, South Sumatera

Absen Toolbox

Meeting

Setiap karyawan WAJIB mengisi form dibawah ini untuk melakukan Absensi setiap habis pembacaan Materi Safety Topic.